Sabtu, 04 Juni 2011

Antara Citra DaN Cantik


Segala sesuatunya akan berubah, karena perubahan merupakan hukum alam yang sudah ditakdirkan atas segala ciptaan. Di alam kehidupan ini manusia merupakan kreator utama atas alam, manusia adalah penziarah dunia yang memiliki kemampuan atas ciptaan lainnya.

Didalam era kehidupan modern, manusia dengan kemampuan yang dimilikinya telah mampu membangun peradaban atas manusia dan makhluk lainnya. Termasuk kemampuan dalam mendesain diri dan orang lain agar semua tampak cantik dan indah kala mata memadangnya. Industrialisasi lahir sebagai hasil atas pencarian pemenuhan dan kemudahan manusia dalam menjalani hidupnya. Berbagai macam produk lahir dari industri sebagai jawaban atas kondisi sosial yang ada. Masalah tentang bagaimana diri harus berhadapan dengan orang lain, masalah diri ketika kondisi sosial menuntutnya sebagai kebutuhan harus dipenuhi. Berbagai tekanan kemudian lahir bertubi-tubi dan mengenai tepat didada dimana psikologi individu terganggu. Ini menjadi masalah serius yang harus di hadapi oleh setiap manusia, karena kondisi seperti itu melahirkan kegundahan dan kegelisahan hidup yang menimpa dirinya.

Masalah psikologi juga mengakibatkan inkonsistensi di dalam diri sehingga dengan kondisi seperti ini akan mudah dimanfaatkan oleh orang lain dan mudah percaya terhadap sesuatu. Alienasisasi terjadi dalam diri, orang lain, dan bahkan Tuhan. Hegemonisasi yang dilakukan oleh pihak tertentu akan mudah terlaksana. Inilah awal dari westoknisasi dan eastoknisasi manusia yang mengancam peradaban.

Lingkungan sosial yang liberal dengan kultur profit yang deras menjadikan segala usaha dihalalkan termasuk dalam pencitraan akan sesuatu. Fenomena yang mentradisi sekarang ini dengan lingkungan dan kultur profit adalah pencitraan perusahaan-perusahaan akan produk jualannya. Perusahaan akan mencitrakan berbagai produk untuk menarik khalayak ramai. Inilah kerja perusahaan.

Yang menjadi masalah besar dari itu sebenarnya adalah ketika manusia mencitrakan dirinya sebagai produk untuk menarik khalayak ramai. Cantik, angun, berbodi elment, dan putih menjadi standar bahwa khalayak ramai meminatinya. Ini menjadi trend dan mode terbaru ala manusia modern. Olehnya itu, kita kadang melihat perempuan dan lelaki yang melakukan perawatan dengan harga yang mahal dengan dilengkapi pakaian yang tipis dan serba setengah jadi ala gaya masa kini tapi pada sisi yang lain juga mereka mengorbankan perawatan itu ketika berada di tempat umum dan ramai. Semisal, ketika kondisi matahari yang panas dengan debu yang bertebaran dimana-mana, para perempauan maupun lelaki ini dengan rela jalan dengan tanpa menutup hidung, tanpa menutup badannya dengan pakaian yang tebal, tanpa menggunakan helm agar rambutnya bisa terurai panjang. Mereka melakukan ini demi pendapatkan pemujaan dan kebanggaan diri dari masyarakat dan kala itu perawatan menjadi diabaikan.

Hal ini menandakan bahwa pada dasarnya perawatan yang dilakukan oleh bukanlah dengan tujuan kesehatan bagi mereka tapi perawatan itu dilakukan untuk mendapatkan image dan keterpesonaan orang lain atas dirinya. Ini menjadi efek dari kondisi psikologi yang tidak stabil sebagai imbas dari tekanan sosial dengan kultur citra dan profit yang menguasai dunia kehidupan manusia.

Oleh karena itu, kita hanya harus mengetahui dan memilah akan kebaikan hidup yang ditawarkan lingkungan terhadap kita.
(BERSAMABUNG.....)

===Machdani afala===

0 komentar:

Posting Komentar